Selasa, 18 September 2018

7 Nilai Plus Yang Harus Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain

7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain
Photo : Hikayat Santri


Saat ini banyak orang tua yang menginginkan anaknya sekolah di pesantren, dengan berbagai pertimbangan melihat kondisi hari ini yang sangat meresahkan perilaku anak yang bisa terpengaruh dengan berbagai ancaman, diantaranya ; pergaulan bebas, degradasi akhlak  dan moral, pengaruh narkoba dan lain sebagainya.

Namun, tidak semua keinginan orang tua dituruti oleh anak, sebab mereka sudah punya pandangan dan pilihan tersendiri kemana ingin melanjutkan pendidikannya. Tidak sedikit orang tua yang memaksa anaknya masuk pesantren namun akhirnya tidak berhasil, sebab di tengah jalan anaknya minta pindah karena tidak betah dan dengan alasan lainnya.

Memang, memaksa anak masuk pesantren bukan hal baik sebenarnya, anak yang dipaksa masuk pesantren  terkesan sering tertekan di pesantren, sering bermasalah di pesantren, jarang mengikuti kegiatan pesantren, bermalas-malasan, tidak bergairah dan semangat mengikuti setiap kegiatan. Dan mayoritas santri yang dipaksa oleh orang tuanya tidak bertahan lama di pesantren. Karakter anak saat ini sudah berubah seiring berkembangnya zaman. Namun, memang ada sebahagiannya yang bertahan di pesantren yang awal mulanya dipaksa orang tuanya, tapi harus membutuhkan usaha orang tua yang maksimal.

Salah satu cara memasukkan anak ke pesantren adalah dengan cara mulai memperkenalkan anak dengan hal-hal positif tentang pesantren, persiapkan sejak dini jauh hari sebelum memasukkan anak ke pesantren, munculkan keinginan sendiri dari anak bahwa dia memilih pesantren, beritahu hal-hal yang baik mengenai pesantren, kalau memungkinkan selama anak menempuh pendidikan sekolah dasar, bawa dia sesekali  keliling pesantren, melihat keadaan dan kegiatannya. Tanamkan nilai positif mengenai pesantren kepadanya sehingga keinginan anak kuat ingin sekolah di pesantren, menguatkan keinginan anak sejak kecil sekolah di pesantren akan lebih baik dari pada memaksanya.

Nah, hikayatsantri.com mencoba merangkum dari beberapa artikel dan kajian mengenai  beberapa nilai plus sekolah di pesantren yang harus diketahui, yang jarang didapatkan di sekolah lain. Mungkin ini bisa menjadi bahan bacaan rujukan orang tua maupun calon santri yang ingin masuk pesantren. Nilai-nilai plus ini dirangkum berdasarkan pengalaman mondok di pesantren tanpa mendiskreditkan sekolah yang non pesantren.

7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain


1. Banyak Jaringan (Networking)

Ukhuwah islamiyah salah satu motto yang diusung oleh mayoritas pesantren. Hidup di pesantren tidak sendiri, ada banyak teman yang bisa kamu temui yang berasal dari berbagai daerah. Pergaulan di pesantren pun sangat kuat, sebab selama 24 jam kamu terus bersama temanmu saling berbagi, saling tolong menolong, saling bahu membahu, saling berbagi cerita.
Setelah jadi alumni, kamu akan merasakan bertapa indahnya persahabatan pesantren, dimana-mana bisa kamu jumpai sahabatmu dari berbagai daerah, apalagi pesantren-nya yang mempunyai ribuan santri, seperti Pondok Modern Gontor Jawa Timur. Kamu bisa bayangkan betapa mudahnya kamu bergerak dimana-mana ada alumni almamatermu, sebab bukan hanya saja kawan seangkatan yang akan menjadi temanmu, abang leting kamu di pesantren juga bisa jadi bagian networking yang siap membantumu kelak.
7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain

2. Suka Hidup Gotong-Royong

Nilai-nilai  sosial sangat  kental diajarkan dan diterapkan di pesantren. Santri ditanamkan jiwa dan semangat gotong royong selama tinggal di pesantren. Keberkahan dalam hidup berjamaah sangat terasa. Santri dibiasakan dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan pesantren, dengan agenda-agenda besar pesantren yang dilibatkan santri sebagai panitia pelaksananya.

Nilai kebersamaan ini menjadi modal hidup yang sangat berharga saat kamu terjun ke masyarakat. Kita sudah terbiasa dengan hal bekerjasama dengan yang lain. Saling peduli, saling bantu membantu dalam kebaikan.  
Baca Juga : 

Beruntunglah Bagi Kamu Yang Pernah Nyantri Karena Kamu Dididik selama 24 Jam oleh Gurumu


3. Bisa Menghadapi Masalah Dengan Baik

Sebagai manusia mempunyai masalah dalam hidup adalah hal yang lumrah, karena orang yang tidak tahu masalah dalam hidupnya itulah masalah baginya. Setiap kita punya masalah hidup masing-masing, yang membedakannya hanya berat dan ringan masalah tersebut.
Pun demikian dnegan kehidupan di pesantren yang penuh dinamika sudah pasti ada masalah yang dihadapi, misalnya ; pelanggaran disiplin, kesulitan mengusai pelajaran dan lain sebagainya.

Namun yang terpenting adalah bagaiman kita bisa menghadapi masalah tersebut dengan baik dan penuh kontrol. Di pesantren, kamu akan dibina dan dibimbing oleh guru-gurumu, setiap ada masalah kamu diminta untuk memecahkannya. Dan kamu juga akan dididik menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut, bukan lari dari masalah.

Nilai plus ini sangat berguna untuk kamu kelak sebagai modal hidup, kita sudah terbiasa menyelesaikan dengan baik, menjadi pribadi yang siap bertanggung jawab atas perbuatan kita sendiri. Ini merupakan karakter yang harus dimiliki, berani berbuat berani bertanggung jawab, dan siap menyelesaikannya dengan baik tanpa harus menyalahkan dan merugikan orang lain.

7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain


4. Master Language

Bahasa Arab dan Inggris adalah dua bahasa international yang harus kamu kuasai di pesantren. Dan ini menjadi alat komunikasi yang sangat dibutuhkan saat ini seiring berkembangnya zaman, Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar untuk mengkaji ilmu agama dan bahasa inggris bisa kamu gunakan untuk mengkaji ilmu-ilmu yang sedang berkembang di barat.

Pembiasaan berbicara dengan bahasa resmi, billingual diaplilkasikan dalam kehidupan sehari-hari santri dan diperkuat dengan kegiatan pendukung penguasaan bahasa, seperti kegiatan pidato, muhadatsah, lomba debat dan lain sebagainya.

Setelah kamu tamat di pesantren, paling tidak kamu sudah punya modal untuk berkomunikasi dengan bahasa asing, kalaunpun tidak menguasai secara maksimal, namun kamu sudah punya keberanian untuk memulai sebuah percakapan dengan orang asing, dan menjadi semangat untuk peningkatan lebih lanjut di perguruan tinggi.

7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain


 5. Kesabaran Sudah Teruji

Dengan berbagai kegiatan pesantren, dengan jumlah santrinya yang banyak, budaya antri salah satu budaya yang dilestarikan untuk melatih kesabaran dalam jiwa santri. Antri mengajarkan nilai kesabaran kepada santri, bahwa hidup ini ada giliran masing-masing, ada kala kita di depan ada kala di belakang. Semua yang ada didunia ini ada waktunya tersendiri bagi kita.

Baca Juga : 

Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji


Sikap sabar penting dalam hidup, agar kita tidak menjadi pribadi yang arogan, saling menghormati dengan lain. Beruntunglah kamu yang di pesantren, sebab nilai-nilai kesabaran sudah kamu dapatkan dari berbagai kegiatan di pesantren, sehingga apapun yang terjadi dalam hidupmu nantinya sudah terbiasa.

7 Nilai Plus Yang Harus  Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain


 6. Mental Yang Kuat

Membangun karakter dan mental pada santri adalah salah satu  tugas pesantren melalui pembinaan dan bimbingan dari berbagai kegiatan santri. Santri dibina dan digembleng oleh guru-guru sepanjang waktu di pesantren.

Santri dididik untuk selalu menjadi yang terdepan, menjadi pemberani. Dengan kegiatan muhadharah (pidato),  mental santri diperkuat, agar berani tampil didepan public, diciptakan agar menjadi orator ulung kelak yang akan menjadi pelita ummat. Di sisi lain, kegiatan kepramukaan juga menjadi kegiatan yang wajib bagi santri untuk menciptakan karakter bagi santri.

Sementara itu, pendidikan penugasan juga bagian dari pada upaya pesantren menciptakan mental dan karakter yang kuat pada santri. Santri diberi amanah dan tanggung jawab yang besar melalui organisasi santri, kegiatan besar pesantren. Dari hal demikian, karakter dan mental santri dapat terciptakan secara komprehensif.

Baca Juga : 

Ini dia alasan kenapa alumni pesantren itu layak kamu jadikan suami. Yang akhwat jangan lupa baca !

7. Calon Menantu Idaman

Ini adalah nilai plus yang kamu dapatkan setelah apa yang kamu jalani dengan tekun di pesantren. Anggap saja sebagai sebuah hadiah bagi kamu yang sungguh-sungguh belajar di pesantren, yang merupakam apreasiasi orang terhadap pribadi yang kamu miliki.
Setiap orang tua menginginkan pendamping hidup yang baik untuk anak gadisnya, yang berani bertanggung jawab dan mampu menjadi imam yang baik dan sebaliknya.

Dengan berbagai pendidikan pesantren yang sudah kamu terima, otomatis ada perubahan yang signifikan pada diri kamu, yang kemudian menjadi penilaian orang-orang sekitar saat kamu kembali ke masyarakat. Selama nilai-nilai pendidikan pesantren terus kamu amalkan, selama itu juga orang akan menghargaimu. Tapi jika nilai-nilai pesantren kamu lepas dari dirimu, maka hilanglah kepercayaan orang terhadapmu.

Jadi beruntunglah bagi kamu yang sudah memilih pesantren sebagai pendidikan terbaikmu, namun penulis menyadari, bahwa dimanapun tempat belajar adalah baik, tergantung bagaimana kamu menjalaninya. Karena yang membedakan tempat belajar itu hanya system berlaku di sekolah tersebut.

Artikel Lainnya :



Bagikan

Jangan lewatkan

7 Nilai Plus Yang Harus Kamu Ketahui Mondok di Pesantren Jarang Kamu Temui di Tempat Lain
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.