Kamis, 20 September 2018

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren


8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren

Sejak dulu pesantren memang sudah eksis di tanah air ini sebagai lembaga pendidikan yang di andalkan oleh banyak kalangan, yang telah berjasa melahirkan kader ummat di Indonesia bahkan dunia. Bahkan sebelum kemerdekaan, pesantren mengambil peran sebagai benteng pertahanan bangsa, yang turut berkontribusi memerdekakan tanah air dari para penjajah, perjuangan kyai dan santri adalah fakta yang tak dapat dibantah hari ini yang merupakan bagian dari salah satu kunci kemenangan negeri ini.
Saat ini, pesantren semakin menjamur dengan aneka pembaharuan sisitem pendidikannya, bahkan tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah unggul yang di andalkan pemerintah saat ini.
Semakin hari pesantren semakin menunjukkan kegemilangannya dengan berbagai prestasi melalui kontribusi santrinya, alumninya, dan para kyainya dan perannya.
Dengan situasi saat ini yang sangat meresahkan, terutama bagi generasi muda, penyimpangan akhlak dan moral semakin terkikis – yang  dipengaruhi oleh berbagai ancaman, salah satunya pengaruh informasi, teknologi dan budaya luar yang diserap oleh generasi muda tanpa adanya filtrasi.
Kini, pesantren dituntut untuk terus berbenah, menjadi solusi perbaikan moral bangsa untuk generasi muda. Maka tak heran, saat ini pesantren menjadi menjadi mayoritas pilihan orang tua sebagai lembaga lanjutan pendidikan anak mereka.
Namun, tidak semua anak siap dengan pendidikan pesantren yang terkesan seperti dikekang dan dikurung dalam sebuah ‘penjara suci’ dengan pendidikan 24 jam. Padahal pesantren saat ini tidak seseram yang dibayangkan, karena ada banyak kegiatan yang menyenangkan di dalamnya. Soal pilihan pasti berbeda-beda, apalagi saat ini si anak terkadang sudah menentukan pilihannya sendiri dengan memilih sekolah umum yang lebih longgar dari segi disiplinnya tidak berlaku 24 jam.
Nah, bagi kamu yang sudah punya niat baik sekolah di pesantren dan masih ragu-ragu, berikut 8 alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memantapkan niat masuk ke pesantren.

 
8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren


1. Membuat orangtua merasa aman

Disiplin dan tata tertib yang diberlakukan pesantren membuat orang tua merasa nyaman anaknya di pesantren, ditambah lagi dengan keamanan yang dijamin oleh pesantren. Pesantren melarang keras santrinya berada di luar lingkungan pesantren selama masa pendidikan, kecuali ada alasan tertentu atau dapat izin pulang.

Pesantren memiliki beban yang besar dalam menjaga dan melindungi santri agar tetap aman di pesantren, aman dari ancaman pengaruh budaya luar, pengaruh narkoba, pergaulan bebas, pengaruh perilaku yang menyimpang dan lain sebagainya. Sebab pesantren melindungi santrinya dengan disiplin dan keteladanan para guru, asatidz dan kyainya.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren

2. Mempersiapkan diri sebagai ‘guru pertama’ untuk sang buah hati

Meskipun tidak sempurna, paling tidak setelah masuk pesantren kita sudah menguasai pendidikan agama yang baik. Dan inilah menjadi modal yang sangat berharga kelak untuk melanjutkan kehidupan seterusnya, khususnya dalam membina rumah tangga, menjadi pelita untuk keluarga.
Dengan penguasaan pendidikan agama di pesantren, sebagai orang tua kelak, kita mempunyai tugas utama menjadi guru pertama dalam lingkungan keluarga, menjadi sumber ilmu bagi anak-anak tercinta. Meskipun ini kehidupan jangka panjang, karena biasanya setelah tamat pesantren, ada yang lebih memilih melanjutkan pendidikan dan ada juga yang langsung menikah, terutama bagi akhwatnya.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren

3. Merasakan hangatnya kebersamaan hidup bersama teman-teman

Di pesantren selama 24 jam kita berada dalam lingkaran persahabatan, baik itu dalam keadaan suka maupun duka. Ukhuwah yang terbina selama nyantri sangat terasa kehangatan kebersamaanya. Karena ada banyak sekali cerita yang tercipta, ada banyak kisah yang lahir, tentang perjuangan, pengorbanan, suka cita bahkan cinta (terhadap akhwat).  

4. Mempersiapkan bekal untuk hidup dengan nilai-nilai agama

Nilai-nilai pendidikan pesantren yang diterima menjadi bekal hidup yang sangat berguna, baik itu dari segi intelektual maupun emotional spiritual.
Pesantren mendidik santrinya untuk menjadi pelita di tengah ummat, dan pesantren membebaskan santrinya setelah alumni untuk menjadi apapun yang mereka inginkan sesuai passion masing-masing, untuk berkontribusi di segala sector kehidupan, dengan catatan tetap memegang teguh nilai-nilai pendidikan pesantren. Makanya tak heran, saat ini ada banyak alumni pesantren yang masuk jalur politik, pengusaha, tenaga kependidikan, dan menjadi pemuka agama.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren

5. Rutinitas ibadah lebih tertata dan teratur

Soal ibadah, pesantren mengatur santri dengan tertib, ketepatan waktu, keseriusan, kesungguhan, dan ketaatan. Awalnya terasa dipaksa, yang akhirnya menjadi terbiasa.

6.  Mandiri dan Mental Yang Kuat
Kemandirian adalah salah satu dari banyak alasan santri masuk ke pesantren. Sebab pesantren mengarahkan santri untuk hidup mandiri, agar mampu membebaskan diri dari beban hidup orang lain. Dengan tujuan agar kelak santri dapat beradaptasi dengan kehidupan secara mandiri dan tidak lagi bergantungan kepada orang tua.
Dengan segala pendidikannya, pesantren berusaha membuka wawasan dan pemikiran santri agar lebih maju, menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap hidupnya. Memiliki karakter dan mental yang kuat adalah salah satu visi misi pesantren untuk melahirkan generasi yang mencerdaskan bangsa, berguna untuk agama, nusa dan bangsa.

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren


7. Mendalami Ilmu Agama

Pesantren merupakan tempat mempelajari ilmu agama yang paling objektif. Sebab, pesantren merupakan lembaga yang komparatif dan komplit, tidak membatasi dan memandang ras dan golongan, semua bisa bersatu di pesantren. 
Keterbukaan adalah salah aspek kemajuan pendidikan pesantren agar alumninya mampu berkiprah dan terjun berjuang ditengah masyarakat , diberikan dasar-dasar keilmuan untuk dikembangkan lagi setelah jadi alumni. 
Menekuni ilmu agama adalah salah satu orientasi pendidikan pesantren dan kemudian santri diarahkan agar mampu berkontirbusi di tengah masyarakat.

8. Tempat Belajar yang Sempurna

Dikatakan sebagai tempat belajar sempurna karena pesantren memadukan antara ilmu agama (revealed knowledge ) dengan ilmu umum (acquired knowledge), pesantren meletakkan dasar pendidikanya dengan pengintegrasian ilmu pengetahua.—karena di pesantren tidak ada istilah dikotomi ilmu pengetahuan.

Selain itu, pesantren juga menyiapakan segala fasilitas untuk santri (tergantung kemampuan pesantren) dan menerapkan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga santri dapat berkarya dengan bebas sesuai bakat minat mereka, bahkan bisa dikatakan, ilmu di pesantren lebih banyak didapat di luar kelas dari pada dalam kelas, khususnya ilmu kehidupan. Karena dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, penugasan, pembiasaan, karakter dan mental santri terbentuk.


Artikel Terkait :

Bagikan

Jangan lewatkan

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Menuntut Ilmu di Pesantren
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.