Kamis, 17 November 2016

Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji

Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji
antrian menguji kesabaran santri. photo via gontor.ac.id
Salah satu hal unik di pesantren itu adalah antri. Pesantren membiasakan santrinya dengan budaya antri. Karena dimanapun berada yang namanya antri tidak bisa terhindari. Makanya pesantren mendidik santri akan pentingnya budaya antri agar hidup selalu teratur dan menjadi orang yang mudah diatur.
Ada banyak sekali nilai pendidikan di dalam budaya antri. Tentunya nilai kesabaran. Kesabaran seseorang akan diuji dengan kegiatan antri. Coba kamu lihat berapa orang yang tidak sabar dengan lampu merah sehingga mereka menerobosnya dan tidak sedikit dari mereka mengalami kecelakaan. Berapa orang yang memotong antri saat pengambilan tiket di event tertentu. Berapa orang yang tidak sabar di rumah sakit saat pengambilan obat atau nomor antrian. Bahkan banyak orang yang tidak sabar akan nasibnya yang doanya tak kunjung terkabulkan. Karena dia tidak tahu artinya antri. Nasib kita pun antri. Ada saatnya kita bahagia ada saatnya kita berduka, ada saatnya kita tertawa ada saatnya kita menangis.
Saat santri kebelet pun kadang-kadang harus antri. Untuk menjaga perasaan teman-teman yang lain yang sudah duluan antri.
Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji
hanya santri yang paham nikmatnya antri. photo via google
Nah, untuk santri budaya antri itu sudah hal biasa. Kesabaran mereka diuji disaat perut mereka terasa sangat lapar saat antri di dapur. Kesabaran mereka diuji saat mereka mau ke kamar mandi, bahkan dalam keadaan saat mendesak pun kadang-kadang mereka harus antri, walaupun nanti temannya akan mempersilahkan santri tersebut dahulu karena ia lebih membutuhkannya.
 Pesantren berusaha mencetak santri untuk menjadi orang yang selalu patuh terhadap disiplin. mereka diberi pengertian bahwa hidup ini penuh dengan antrian. Setiap orang punyak hak sama, karena hidup ini bukan seorang saja. Dengan budaya antri pesantren seakan mengajarkan kepada santri bahwa di dunia ini penuh tahapan. Ada proses yang harus didahului sebelum mencapai kesuksesan.
Masalah di Indonesia ini adalah banyak orang yang tidak sabar saat antri. Makanya pesantren membiasakan santri dengan budaya antri
Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji
berdesak-desakan adalah dampak dari tidak sabar mengantri. photo via google
Dimanapun berada antrian itu sangat penting diterapkan agar semuanya berjalan dengan teratur. Tidak sedikit dari masyarakat yang berjatuhan karena berdesakan pada saat pengambilan sembako karena tidak patuh akan antrian. Tidak sedikit masyarakat yang paham akan pentingnya kesabaran di jalan raya, agar tidak dengan semena-mena menikung pengguna jalan lainnya dengan tidak memperhatikan keselamatan dirinya.

Sangat mudah melihat kesabaran masyarakat Indonesia ini sebenarnya. Lihat saja suara klakson motor atau mobil yang tidak pernah berhenti padahal ia tahu jalannya macet. Tidak sedikit dari masyarakat yang memilih terus menancap gas motor atau mobil saat ada orang tua atau anak kecil ingin menyebarang jalan. Disinilah nilai pendidikan antri sangat penting diajarkan. Pesantren mempersiapakan santrinya untuk menjadi orang yang sabar dalam setiap keadaan dan ingin menyadarkan santrinya bahwa hidup ini penuh antrian.

Sekian !

Bagikan

Jangan lewatkan

Bagi Santri Mengantri itu Tidak Pernah Rugi Karena Disitulah Kesabaran Diuji
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.