Senin, 02 Januari 2017

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini. Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini.  Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?
photo via google
Kalau kamu berkunjung ke beberapa pesantren, khususnya pesantren bersistem modern, sebut saja seperti Pondok Modern Darussalam Gontor di Jawa Timur, Kamu pasti akan menemukan tulisan pertanyaan tersebut yang terpampang jelas bisa dibaca oleh setiap orang.

Sekilas, mungkin membaca pertanyaan tersebut hanya biasa-biasa saja bagi sebahagian orang. Namun, pertanyaan yang terdiri beberapa kata ini sangat dalam maknanya bagi santri bagi yang ingin memaknainya.

BACA JUGA : Saat Telat Balik ke Pesantren Setelah Liburan, "Surat Dokter" Senjata Paling Ampuh Santri Untuk Menambah Perizinan

         Mau Sukses di Pesantren ? Jadikan Pesantren Sebagai Pilihan, Bukan Tempat Pelarian
Pertanyaan ini sebagai pengingat dan penyemangat bahwa santri harus selalu teringat akan maksud dan tujuan ke pesantren

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini.  Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?
photo via google
Pertanyaan sederhana tersebut penuh dengan pendidikan dan mengandung makna yang sangat inspiratif. Ia seakan mengingatkan kepada santri bahwa apa sebenarnya tujuan mereka masuk ke pesantren.

Dengan selalu berpegang pada cita-cita awal masuk ke pesantren, santri akan selalu belajar dengan serius di pesantren. Fokus pada titik tujuan utama, merupakan upaya seseorang menggapai kesuksesan yang ingin dituju.

Pertanyaan tersebutlah yang selalu menjadikan santri fokus pada cita-cita yang ia niatkan pada saat pertama sekali menginjakkan kaki di pesantren.

Disaat tertentu santri pasti menemukan rasa bosan atau malas belajar, membaca pertanyaan tersebut dapat mengembalikan semangat kamu sabagai santri

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini.  Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?
photo via almanardocumentary
Tak dapat dipungkiri, dengan kehidupan pesantren yang penuh dengan kegiatan kadangkala membuat santri merasa bosan atau timbul rasa malas mengikuti kegiatan tertentu. Disaat itulah kehidupan santri tersebut memasuki zona kurang stabil, bahkan jika perasaan tersebut tidak segera disembuhkan dapat menyebabkan santri tersebut hengkang di pesantren karena merasa tidak betah lagi.

Biasanya, dewan guru atau pengurus pesantren akan memantau dan mengawasi para santrinya yang sudah terlihat tidak betah lagi, melalui absensi kegiatan pesantren atau melalui kakak letingnya. Karena santri yang merasa sudah tidak betah sangat mudah terlihat dengan tindak tanduknya yang berubah dalam kesehariannya.
Nah, selain nasehat dewan guru atau dorongan kawan-kawan terdekat, tulisan “ Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ? “ bisa menjadi solusi untuk mengembalikan ‘azm (Baca : Kemauan) santri untuk dapat belajar dengan sungguh guna menggapai cita-cita atau tujuan utama masuk ke pesantren.

BACA JUGA : 7 Hal ini Mesti Kamu Ketahui Kenapa Pesantren Menjadi Dasar Pilihan dan Kesuksesanmu
      BACA JUGA : Muhadharah, Upaya Pesantren Mencetak Orator Ulung


Bagi Kamu yang ingin masuk ke Pesantren, cermati, hayati dan dalami pertanyaan tersebut. Sehingga kehidupanmu di pesantren akan selalu terarah

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini.  Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?
photo via almanardocumentary
Pertanyaan tersebut sangat penting dijawab oleh siapa saja yang ingin masuk pesantren. Jawablah pertanyaan tersebut terlebih dahulu, kemudian baru putuskan dan kuatkan tekadmu bahwa kamu benar-benar serius ingin sekolah di pesantren.

Banyak orang (sebahagian) masuk pesantren terkadang masuk pesantren karena terpaksa, keinginan orang tua yang sangat kuat sehingga ia terpaksa mengiyakan untuk membuat orang tua bahagia sesaat. Hal seperti ini kurang baik untuk diamalkan. Karena, banyak santri yang tekadnya tidak kuat sekolah di pesantren karena terpaksa akan kandas di tengah jalan. Dan ini patut di cermati oleh orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren. Jangan paksakan ia terlebih dahulu, pahami, beri ia pencerahan, dan doakan anakmu semoga ia mendapatkan hidayah sehingga timbul minat dari dirinya sendiri masuk ke pesantren. Dan ini akan lebih baik nantinya.

Inilah pesantren, kadang kala hanya dengan tulisan bisa menggerakkan santri untuk terus berbuat, bekerja, bersemangat. Makanya tidak heran jika ada kata-kata, “ Apa yang kamu lihat, apa yang kamu dengar, apa yang kamu rasakan, “ itulah Pendidikan.

Sekian.
BACA JUGA : Beruntunglah Bagi Kamu Yang Pernah Nyantri Karena Kamu Dididik selama 24 Jam oleh Gurumu
 Santri, Disaat Kamu Mulai Merasa Malas Belajar, Ingatlah Bahwa Orangtuamu di Rumah Sedang Berjuang Untukmu

Bagikan

Jangan lewatkan

Sebelum Masuk ke Pesantren, Jawab Dulu Pertanyaan ini. Ke Pesantren Apa Yang kamu Cari ?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.