Rabu, 02 November 2016

Para Santri ! Siapkan Dirimu untuk Digembleng menjadi ORANG HEBAT

Para Santri ! Siapkan Dirimu untuk Digembleng menjadi ORANG HEBAT


Kalau anda pernah berkunjung ke pesantren, mungkin anda pernah meilhat motto pendidikan yang sering di pajang  ataupun di tulis di dinding-dinding pesantren baik itu berbentuk spanduk maupun tulisan langsung di dinding.  Salah satu motto yang sering anda lihat (mungkin) adalah “ Siap dipimpin dan Siap Memimpin “.
Tersirat makna yang sangat dalam motto “ Siap dipimpin dan Siap Memimpin “ tersebut.  Bagi santri di awal belajar pesantren terasa berat menjalaninya, terasa seperti dipaksa dalam segala hal. Perasaan terpaksa ini timbul karena hal-hal tersebut masih asing dengan kehidupan dia sebelumnya.  Secara kasat mata, setiap kegiatan pesantren terkesan dipaksa, mulai dari disiplinnya, kegiatannya, ke mesjid di paksa, masuk kelas tepat waktu dipaksa, makan tepat waktu dipaksa, bahkan dihitung-hitung lagi oleh ustadznya maupun kakak kelasnya (pengurus osis).
Perlu diketahui bahwa paksaan lunak tersebut bertujuan agar santri terbiasa dengan hal-hal tersebut. Karena kesan paksaan itu akan hilang ketika ia sudah terbiasa melakukannya. Jika sebelumnya ia terbebani dengan segala kegiatan yang setiap menitnya di atur oleh dewan guru tapi setelah terbiasa, ia akan menjalani setiap kegiatan dengan kesadaran diri.
Makanya para santri sering di ingatkan oleh ustadznya agar setiap kegiatan di pesantren itu di jalankan jangan dipikirkan. Akan terasa ringan ketika ia dijalankan sepenuh hati. Kemudian para santri diingatkan tentang time management , harus selalu tepat waktu dan harus mahir mengaturnya dalam setiap kegiatan. Biasanya di pesantren yang mengatur santri adalah bel/lonceng. Lonceng menggerakkan santri dalam setiap kegiatan. Karena setiap bel berbunyi menandakan dimulainya kegiatan ataupun berakhirnya sebuah kegiatan. Lagi-lagi dewan guru mengingatkan para santrinya, bahwa hidup di pesantren harus menggunakan kesadaran diri, jangan mau di atur oleh benda mati (bel) karena kita manusia benda hidup. Ini salah salah satu pendidikan time management.
Pesantren adalah salah satu tempat penggemblengan terbaik bagi para calon pemimpin bangsa. Di pesantren, santri dididik tidak hanya mendapatkan ilmu dan keterampilan hidup, tetapi juga dididik memilki karakter yang kuat. Sehingga pada suatu saat nanti, dimanapun ia berada diharapkan sudah sangat siap mengikuti perkembangan zaman  dengan tetap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai pendidikan pesantren.
Dunia ini sangat keras, dengan godaan yang begitu hebat. Jika kita mampu mebentengi diri dengan ilmu agama yang kuat dan mentalitas serta karakter yang hebat, maka kita akan sangat mudah menaklukkan dunia. Sebaliknya, jika lemah maka dengan mudahnya kita akan terombang-ambing oleh kepentingan dunia. Nilai-nilai pendidikan pesantren akan hilang termakan oleh kepentingan dan nafsu duniawi yang memang selalu menggoda.
Wahai Para Santri !
Bangsa ini membutuhkan para pemimpin yang berkarakter kuat, dengan nilai-nilai agama yang kuat yang tertancap di dalam jiwa. Kalau kita memilki ilmu yang tinggi kemudian dibarengi dengan  pemahaman agama yang mendalam maka setiap apa yang akan kita lakukan insyaallah mampu memberi warna kebaikan bagi sesama.
Yakinlah ! jika dirimu kuat dalam sikap dan mental, dan mantap dalam nilai-nilai agama, maka inilah kunci yang akan memudahkan kita berada dalam berbagai keadaan. Sehebat apapun tantangan yang ada, tidak akan pernah padam semangat dalam jiwa untuk terus bergerak dan berjuang.
                Sadarilah !
                Kehidupan di pesantren sekarang adalah proses upaya menyiapkan diri menghadapi masa depan yang keras. Jika saat ini kamu merasa agak tersiksa dan dipaksa, memang begitulah upaya dan latihan keras yang harus kamu jalankan, agar nantinya kamu sangat siap dalam menghadapi segala kemungkinan.
                Tidak usah menangis ataupun bersedih !
                Jalanilah kehidupan pesantren dengan penuh keyakinan dan kegembiraan. Nikmati saja dulu ! Saat ini mungkin kamu seakan menerima beban yang begitu berat. Akan tetapi, suatu hari nanti yakinlah peggemblengan diri yang sedang kamu jalani akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupanmu. Percayalah !
                Pesantren akan mengemblengmu menjadi orang yang tangguh, kuat dan hebat. Jalan semua kegiatan dengan baik. Resapi, hayai, ambil setiap pelajaran dan lakukan itu dengan penuh kesungguhan. Kemampuan bertahan, menghadapi berbagai ujian dan tangan hidup di pesantren itulah akan menjadikan kamu sukses.
                Kesuksesan itu tidak bisa dilihat di saat kamu menjalani prosesnya, tapi kesungguhan kamu mengikuti prosesnya menunjukkan jalan kesuksesan kamu kelak. Percaya itu !
Karena hari ini  kamu dipimpin, kelas kamu akan memimpin.


*sebahagian tulisan dikutip dari buku “Ketika Sukses berawal dari Pesantren” Akbar Zainuddin.

Bagikan

Jangan lewatkan

Para Santri ! Siapkan Dirimu untuk Digembleng menjadi ORANG HEBAT
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.