Jumat, 03 Maret 2017

Pesantren itu Suci, Apapun Disiplin yang Dilanggar oleh Santri Pasti Ketahuan

Pesantren itu Suci, Apapun Disiplin yang Dilanggar oleh Santri Pasti Ketahuan


Hikayatsantri.com- Ibarat air laut, sebanyak apapun sampah di lautan pasti akan terdepak ke daratan. Pun begitu dengan pesantren—sehebat apapun pelanggaran yang dilakukan santri pasti akan ketahuan.
Begitulah pesantren, ia senantiasa menyisihkan setiap kemaksiatan(baca :  pelanggaran)  yang terjadi. Makanya tak ayal, banyak yang menyebutkan bahwa pesantren itu  ibarat penjara suci—yang terkurung tapi hidup. Kesuciaannya mampu mendeteksi setiap santrinya yang tidak mengindahkan setiap peraturan.


Biasanya santri sangat mahir membaca keadaan. Kapan waktu yang tepat untuk melanggar.
Ini hal penting bagi santri. Berpikir sebelum melompat, artinya mereka terlebih dahulu membaca keadaan sebelum melanggar. Jika kondisinya sudah memungkinkan, maka mereka tak mau berlama-lama dan segera mengambil langkah panjang. Terkadang naas, saat langkah mereka mulai bergerak tak disangka-sangka sudah ada ustadz didepannya. Semahir-mahirnnya santri melihat peluang—terkadang lebih lihai ustadznya lagi , karena ustadznya juga pernah merasakan menjadi santri—jadi setiap gerak gerik santri sudah terbaca.


Untuk memperkecil angka pelanggaran, pesantren biasanya memberlakukan sistem absen, di asrama ada absen, di mesjid ada absen, apapun kegiatannya pasti di absen. Namun tak dapat dipungkiri, memang ada disiplin yang dilanggar oleh santri yang tidak ketahuan saat mereka mulai beraksi, tapi pada akhir-akhir akan ketahuan.


Mengambil kesempatan dalam kesempitan santri rajanya. Istilah kalau bukan sekarang kapan lagi masih sangat kental mereka pegang

Pesantren itu Suci, Apapun Disiplin yang Dilanggar oleh Santri Pasti Ketahuan

Sebenarnya hal ini terjadi tak mesti pada santri, sama siapa saja bisa saja terjadi, minum air sambil menyelam —berusaha mengambil manfaat dari suatu pekerjaan yang sedang ia kerjakan.
Sikap kehati-hatian para ustadz sangat dituntut disini—terkadang mereka menggunakan kesempatan disaat waktu yang tidak disangka-sangka, tidak salah seperti jargon Bang Napi yang cukup dikenal, kejahatan terjadi bukan karena niat pelaku, tapi karena ada kesempatan.


Bincangsantri.com menyebutkan dalam situsnya bahwa santri itu memiliki pola tersendiri—mereka memilki kode tertentu antar sesamanya. Mereka kerap berusaha sebaik mungkin mencari tempat yang lumayan rahasia tidak diketahui oleh santri yang lain.
Namun, lagi-lagi pasti akan ketahuan pada akhir perjalanannya. Dominannya adalah tidak ada pelanggaran yang tidak diketahui oleh ustadnya maupun ustazahnya.


Santri sangat mahir mencari alasan, bahkan mereka bisa mendapatkan sejuta alasan dalam waktu yang singkat

Pesantren itu Suci, Apapun Disiplin yang Dilanggar oleh Santri Pasti Ketahuan

Misalnya saat mereka terlambat ke mesjid, disitu akan lahit ribuan alasan bisa dikemukan biar tidak dapat hukuman. Mereka akan terus berpikir dan berpikir mencari jawaban yang tepat, biar alasannya diterima tanpa cacat.
Bukan melatih diri untuk berbohong sebenarnya, karena kalau kita lihat dari aspek yang ia langgar tidak terlalu berat. Misalnya terlambat ke mesjid tadi, hanya jarak lima langkah mau sampai sudah bel, otomatis ia tetap dihitung terlambat, disitulah mereka berusaha member sedikit alasan yang sedikit rasional.
Didalam kehidupan, para santri tidak mudah kehabisan ide dalam berbuat. Ketika suata masalah tidak dapat dikerjakan dengan plan A, maka mereka tidak berhenti disitu, tapi mencari solusi yang lain dengan plan B. Ada saja ide yang datang untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Pada dasarnya, tidak ada pelanggaran kalau tidak ada disiplin. Dan ini mutlak benar. Mengingat karena disiplinlah hidup ini lebih terarah. Di pesantren, rasa-rasanya sangat tidak sah jadi santri kalau tidak melanggar disiplin, karena terkadanh distulah pelajaran hidup yang didapatkan. Namun, hal ini tak dapat dilupakan, bahwa pesantren itu suci, apapun pelanggaran pasti akan ketahuan, cepat atau lambat.


Baca juga artikel ini : ___________________________________________

Bagikan

Jangan lewatkan

Pesantren itu Suci, Apapun Disiplin yang Dilanggar oleh Santri Pasti Ketahuan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.